20 Negara dengan Tingkat Pendidikan Tertinggi di Dunia

| Tuesday, October 23, 2012

kampus.okezone.com - Pelaksanaan pendidikan di dunia memiliki implementasi yang berbeda-beda di setiap negara. Namun, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengurutkanya menggunakan metoda EFA Development Index (EDI).

EDI adalah sebuah indeks komposit yang menyediakan keseluruhan penilaian sistem pendidikan suatu negara yang mengacu pada program Education For All (EFA).

Tolak ukur yang dijadikan ukuran penghitungan, antara lain pelaksanaan pendidikan dasar, tingkat melek huruf di atas 15 tahun, rasio kasar tingkat melek huruf usia dewasa, kualitas pendidikan. 

Dalam data tersebut, pembagian negara dibagi menjadi tiga kelompok, yakni high, medium, dan low.

Untuk kelompok dengan indeks high atau yang tinggi, diisi oleh negara-negara maju antara lain Jepang, Inggris, Jerman, Australia, Italia. Namun untuk Amerika Serikat, yang mengklaim sebagai Negara Adidaya, hanya duduk di peringkat ke-33. Sementara Arab Saudi, sebagai negara raja minyak, duduk di peringkat ke-46. 

Negara lain yang masuk dalam kelompok ini, antara lain Cile, Bahrain, dan Yordania. 

Untuk kelompok medium atau menengah, antara lain diisi oleh negara Saint Lucia, Malaysia, Panama, Indonesia, dan Libanon.

Untuk kategori negara kelompok low atau rendah, antara lain Uganda, Yaman, Ethiopia, Nigeria, dan Maroko. 

Berikut 20 negara dengan tingkat pendidikan tertinggi di dunia, seperti dikutip dari Education for All Global Monitoring Report 2011, UNESCO, Selasa (23/10/2012); 

1. Jepang 
2. Inggris
3. Norwegia
4. Kazakhstan
5. Prancis
6. Italia
7. Switzerland
8. Kroasia
9. Belanda
10. Slovenia
11. Selandia Baru
12. Spanyol
13. Jerman
14. Kuba
15. Australia
16. Finlandia
17. Denmark
18. Swedia
19. Siprus
20. Estonia.

0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲